Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Manfaat yang Dirasakan Warga Desa Sulung Setelah Bermitra Plasma Sawit dengan CBI Group

  • Oleh Wahyu Krida
  • 11 September 2020 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Peningkatan taraf ekonomi dirasakan oleh Masdi (48 tahun) warga Desa Sulung, Kecamatan Arut Selatan (Arsel) yang lokasinya berada di sekitar perkebunan sawit milik Citra Borneo Indah (CBI) Group.

Sejak menjadi mitra plasma CBI Group sekitar 8 tahun lalu, Masdi menceritakan bagaimana taraf ekonomi keluarganya bila dibandingkan dengan setelah menjadi mitra plasma.

"Taraf ekonomi keluarga sebelum bermitra plasma sawit dengan CBI Group bisa dikatakan sulit, karena saya tidak memiliki penghasilan tetap. Pekerjaan masih serabutan ke sana kemari. Bahkan untuk membeli kebutuhan rumah tangga sehari-hari saja sangat  susah," jelas bapak 3 anak ini.

Menurut Masdi, setelah bermitra plasma sawit selama 8 tahun dengan CBI Group kehidupannl ekonominya lambat laun semakin mapan.

"Alhamdulillah saat ini dari hasil kebun plasma sawit seluas 2,3 hektare saya memiliki penghasilan sekitar Rp 5 juta per bulan. Saya juga sudah memiliki mobil dan motor. Bahkan ke 3 anak saya semuanya sudah sekolah. Sedangkan seorang anak saya sudah kuliah di Pangkalan Bun," jelasnya.

Menurut Masdi, selain itu ia juga merasakan manfaat lain sejak menjadi mitra kebun plasma CBI Group.

"Selain mempunyai penghasilan tetap setiap bulan, saya juga memiliki tambahan pengetahuan tentang berkebun sawit. Sehingga saya bisa memanen dan merawat sawit secara mandiri lantaran adanya bimbingan dari pihak plasma," jelasnya.

Bukan itu saja, menurut Masdi, selain menjalin kemitraan plasma sawit dengan warga sekitar kebun, pihak CBI Group juga tidak lupa memberikan perhatian bagi kehidupan sosial masyarakat.

"Contohnya mulai dari bantuan sosial setiap tahun. Kemudian saat Idul Adha biasanya pihak perusahaan juga memberikan bantuan hewan kurban  seekor sapi untuk setiap desa serta perbaikan jalan desa," jelasnya.

Terpisah, Plt GM Plasma CBI Group Sucipto menjelaskan secara singkat tujuan perusahaan menjalin kemitraan plasma bagi masyarakat sekitar perusahaan.

"Tentunya kami ingin masyarakat yang tinggal disekitar perusahaan menjadi sejahtera. Tentunya dengan memanfaatkan lahan yang ada," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

 

Berita Terbaru