Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Rumah Warga di Kabupaten Katingan Terendam Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 September 2020 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ratusan rumah warga di Kabupaten Katingan terutama yang dialiri Sungai Katingan sejak beberapa hari ini terendam banjir. Banjir yang terjadi di hampir seluruh wilayah kecamatan ini berasal dari luapan air Sungai Katingan.

Hingga Jumat, 11 September 2020, banjir di Katingan masih bertahan, bahkan di beberapa wilayah air Sungai Katingan masih terus naik ke permukaan. Akibatnya ratusan rumah terutama yang tidak jauh dari Sungai Katingan terendam banjir.

Sungai Katingan yang berhulu di wilayah Kecamatan Bukit Raya berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Kalimantan Barat dan hilirnya berada di Pegatan Kecamatan Katingan Kuala berbatasan dengan Laut Jawa ini memiliki panjang lebih dari 600 Km.

Sejumlah wilayah kecamatan di Katingan sejauh ini dibelah oleh Sungai Katingan, mulai dari Bukit Raya, kemudian Marikit, Sanaman Mantikei dan Katingan Tengah. Selanjutnya Pulau Malan, Tewang Sanggalang Garing, Katingan Hilir, Tasik Payawan, Kamipang, Mendawai dan Kecamatan Katingan Kuala.

Jika curah hujan tinggi, biasanya Sungai Katingan ini meluap seperti saat ini. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan Eka Suryadilaga mengakui ada banyak rumah warga yang terdampak banjir dalam beberapa hari terakhir ini.

"Ratusan rumah warga di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan terdampak banjir," sebutnya.

Berdasarkan prakiraan cuaca pihak BMKG Kalteng, saat ini masih terjadi angin tenggara karena sebetulnya masuk musim kemarau. "Tapi air laut masih hangat sehingga menguap hingga terjadi hujan itu," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru