Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Punya Laboratorium Lingkungan Cegah Gangguan Sumber Daya Alam

  • Oleh Hendri
  • 11 September 2020 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya Achmad Zaini mengatakan saat ini telah tersedia laboratorium lingkungan yang digunakan untuk mendeteksi terjadinya gangguan sumber daya alam (SDA).

"Laboratotium ini bisa diarahkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pemakaian kekayaan daerah. Semoga laboratorium ini segera mendapatkan akreditasi dari pemerintah," katanya, Jumat 11 September 2020.

Dia menjelaskan kegiatan pembangunan saat ini tidak sedikit yang menimbulkan gangguan terhadap lingkungan hidup sumber daya alam. Padahal itu merupakaan kekayaan serta modal dasar pembangunan yang sangat vital.

Laboratorium lingkungan merupakan instrumen penting dalam pemantauan kualitas lingkungan. Selain itu juga berfungsi sebagai salah satu langkah pencegahan terhadap kerusakan lingkungan.

“Keberadaan laboratorium lingkungan bertujuan untuk mengetahui perubahan-perubahan dan dampak pada suatu aktivitas yang sedang terjadi terhadap lingkungan," ujarnya.

Melalui data-data dari laboratorium lingkungan setidaknya dapat diketahui parameter apa saja yang telah mengalami perubahan, sehingga dapat menjadi acuan pencegahan pencemaran.

“Melalui laboratoriun ini kita bisa memprediksi secara ilmiah, bagian dari lingkungan yang telah mengalami gangguan, sehingga bisa dilakukan pencegahan dan rehabilitasi," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru