Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indragiri Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penyebab Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg di Buntok

  • Oleh Uriutu
  • 11 September 2020 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Masyarakat Kabupaten Barito Selatan sering mengeluhkan terkait kelangkaan gas elpiji 3 kilo gram. Padahal gas ini sangat penting bagi masyarakat kurang mampu.

Pantauan Borneonews dibeberapa pangkalan resmi gas elpiji 3 kilogram di kota Buntok, kelangkaan ini disebabkan karena pembelinya tidak beralamat dari  area pangkalan.

Perwakilan PT Pertamina Domestik Gas Area Kalimantan, Pangkalan Kota Buntok, Aprianus mengatakan, kalau pengiriman atau distribusi normal setiap 1 Minggu sekali.

“Yang membuat gas elpiji khusus 3 kilo gram cepat habis dan langka disebabkan pembalinya atau warga tempat tinggalnya diluar area pengkalan. Contohnya pangkalan di Jalan Pahlawan yang membelinya dari Jalan Asam,” katanya, Jumat 11 September 2020.   

Kondisi ini terjadi karena distribusi ke tiap pangkalan berbeda hari. Misalnya hari ini dikirim ke Pangkalan A, warga dari pangkalan B ikut membelinya.

Ini karena begitu datang ke salah satu pangkalan gas 3 kilogram dipangkalan lain habis. Ini juga menjadi salah satu penyebabnya.

“Parahnya lagi kebanyakan yang membeli gas elpiji 3 kilogram kebanyakan orang mampu. Padahal peruntukannya bagi masyarakat kurang mampu,” tandasnya.

Saat ini pihaknya sudah tidak memberlakukan lagi setiap pembeli menggunakan KTP berganti dengan mengisi formulir nama, alamat dan pekerjaan.

Sementara salah satu pangkalan di Jalan Kelurahan Buntok, Nor mengatakan kelangkaan ini disebabkan warga yang membeli diluar alamat daerah pangkalan. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru