Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua KPU Gunung Mas Akui Jumlah DPS Mengalami Penurunan

  • 12 September 2020 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU Gunung Mas, Stepenson mengakui bahwa daftar pemilih sementara atau DPS pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2020 mengalami penuruan. 

Hal itu diungkapkannya seusai membuka rapat pleno terbuka dalam rangka rekapitulasi daftar pemilihan hasil pemutakhiran atau DPHP dan pemilihan daftar sementara atau DPS pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng di aula BP3D Gunung Mas, Jumat, 11 September 2020.

"Untuk Kabupaten Gunung Mas sendiri memang terjadi penurunan jumlah pemilih, dari pemilih terakhir atau daftar pemilih tetap (DPT) pemilu," katanya kepada awak media. 

Dia mengatakan, penurunan tersebut sekitar 1.000 lebih. Penurunan itu terjadi karena adanya daftar pemilih yang ganda serta tidak memenuhi syarat. 

"Saat melakukan rekapan DPS itu memang ada beberapa temuan kita, termasuk daftar pemilih-pemilih yang ganda dan pemilih yang tidak memenuhi syarat. Hal ini yang membuat jumlah pemilih alami penurunan," ungkapnya. 

Selain itu, sambung dia, hal itu juga terjadi karena sistem pemuktahiran yang dilakukan saat ini mengalami perbedaan dari sistem pemilu. Ini menandakan semakin ketatnya proses pemutakhiran yang dilakukan pihaknya. 

Dalam kesempatan itu, dia juga mengakui bahwa terkait pemuktahiran terdapat beberapa kendala yang dihadapi. Namun, hal itu dapat diatasi dengan mengoptimalkan monitoring bersama petugas KPU dan panitia pemilihan kecamatan atau PPK. 

"Memang ada kendala yang kami hadapi, salah satunya banyak petugas yang masih belum paham. Tetapi hal itu dapat kami atasi dengan monitoring sehingga dapat terlaksana dengan baik dan sesuai yang diharapkan," tuturnya. (HENDRA/B-7)

Berita Terbaru