Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Loyalis Amien Rais Yakin Partai Barunya Bakal Didukung Banyak Kader PAN

  • Oleh Teras.id
  • 12 September 2020 - 20:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pendiri Partai Amanat Nasional Amien Rais telah mengumumkan akan membentuk partai yang kemungkinan bernama PAN Reformasi. Loyalis Amien Rais, Agung Mozin, meyakini bahwa PAN Reformasi akan mendapat banyak dukungan dari para kader PAN sendiri.

Agung mengatakan di dalam tubuh PAN, terpecah ke dalam dua bagian, yakni PAN struktural yang berada dalam struktur partai dan PAN ideologis yang terdiri dari para kader yang masuk karena meyakini semangat dan sejarah yang dimiliki PAN.

Agung menyebut ketika Kongres PAN ke-5 di Kendari pada Februari 2020 lalu yang berakhir rusuh, ada 225 suara yang didapat oleh kubu Calon Ketua Umum Mulfachri Harahap. Mulfachri, kata Agung, berada satu visi bersama Amien Rais.

"Kalau 225 itu ada di bersama kita, kita sudah ada 225 cabang. Itu baru PAN struktural," kata Agung saat dihubungi Tempo, Sabtu, 12 September 2020.

Sedangkan bagi PAN ideologis, Agung meyakini sepenuhnya bahwa 100 persen dari mereka akan mendukung Amien dan partai barunya. Ia meyakini para anggota PAN struktural yang saat ini berada bersama kepemimpinan Zulkifli Hasan tak akan bertahan lama karena merupakan politikus pragmatis dan gampang berubah.

Atas dasar itu pula, ia meyakini PAN Reformasi dapat menjadi pilihan yang lebih menarik bagi para kader PAN yang telah kecewa dengan situasi PAN saat ini.

"Sekarang partai politik sudah jadi pemadu, yaitu politisi mata duitan. Di sini tak ada pemadu. Kira-kira itu yang membedakan kita," kata Agung.

Amien Rais sebelumnya mengatakan rencana membentuk partai politik baru berangkat dari perkembangan kondisi bangsa dan negara akhir-akhir ini yang dinilainya berada di ambang krisis. Baik krisis sosial, politik, dan ekonomi yang kian memburuk menuju resesi bahkan bisa-bisa depresi.

Di sisi lain, kata dia, kekuasaan rezim yang sedang memikul harapan rakyat tampak semakin jauh atau menjauhi nilai-nilai moral, etika, akhlak yang baik dan adil.

"Karena itulah saya dan beberapa sahabat saya dari berbagai kalangan telah bersepakat bulat segera mendeklarasikan sebuah partai baru," kata Amien lewat siaran langsung Youtube Amien Rais Official, Kamis malam, 10 September 2020.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru