Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas Kesehatan Katingan Imbau Warga Waspada Penyakit saat Musim Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 September 2020 - 15:10 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Katingan, dr Robertus Pamuriyanto mengimbau masyarakat di bagian hilir atau selatan, terhadap kemungkinan penyakit yang muncul saat musim banjir.

Pasalnya seperti tahun-tahun sebelumnya, banjir yang terjadi di wilayah hilir seperti Kecamatan Tasik Payawan dan Kamipang berlangsung lama, bisa 1 hingga 2 bulan. 

"Kalau di bagian hulu atau Utara Kabupaten Katingan biasanya banjir hanya berlangsung sebentar, paling lama seminggu sudah surut lagi. Tapi kalau di wilayah hilir bisa lebih sebulan. Untuk itu kami imbau agar warga mewaspadai berbagai macam penyakit yang bisa muncul," kata Robertus Pamuriyanto, Selasa,  15 September 2020. 

Menurutnya, dari pantauan dan laporan puskesmas, yang ada belum ditemukan lonjakan penyakit dampak dari bencana banjir ini. 

Namun, pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat terutama yang wilayahnya kebanjiran agar selalu mewaspadai terhadap kemungkinan penyakit seperti gatal-gatal, diare, dan batuk pilek.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan Eka Suryadilaga menambahkan, banjir menerjang 8 wilayah. Yakni Katingan Hulu, Marikit,  Sanaman Mantikei, Katingan Tengah, Pulau Malan, Katingan Hilir, Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru