Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Demak Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir di Kasongan Dimanfaatkan Sebagian Warga Tangkap Ikan Saluang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 September 2020 - 16:36 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Bencana banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Katingan sudah berlangsung sekitar sepekan terakhir. 

Ada 8 wilayah kecamatan yang dibelah Sungai Katingan kebanjiran. Di Kasongan, Kecamatan Katingan Hilir, banjir sudah berlangsung 5 hari ini dan ratusan rumah warga terendam banjir. 

Namun banjir yang terjadi di Kasongan dan sekitarnya dimanfaatkan sebagian warga menangkap ikan untuk kemudian hasil tangkapannya dijual. 

Dari pantauan borneonews.co.id, Selasa,  15 September 2020 puluhan warga ramai-ramai menangkap ikan kecil jenis saluang dan banta di tepi Jalan Tjilik Riwut Km 1, 5 Kasongan arah Kereng Pangi,  tepatnya sekitar bangunan box culvert atau gorong-gorong. 

Warga menangkap ikan saluang dan banta ini ada yang menggunakan alat perangkap jenis rengge maupun pasat.  

Mereka memasang alat tangkapnya di parit tepi jalan maupun di anak sungai dekat gorong-gorong. 

Dalam sekejap, puluhan ekor ikan saluang maupun banta berhasil  mereka tangkap untuk dikumpulkan. Hasil tangkapan kemudian dibersihkan untuk kemudian dijual. 

Pemasaran ikan hasil tangkapan ini tidak harus dibawa ke pasar ataupun diedarkan ke rumah, namun warga dengan sendirinya berdatangan membeli ikan di tempat ini. 

"Kebetulan saya tadi lewat sini dan melihat ada beberapa warga yang menangkap ikan saluang, jadi singgah sebentar untuk beli, " tutur Heri,  warga Palangka Raya.

Tidak hanya warga dari luar daerah, warga Kasongan dan sekitarnya juga tampak ramai untuk sekadar melihat ataupun membeli ikan saluang di musim banjir ini. 

Berita Terbaru