Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Israel, Uni Emirat Arab, dan Bahrain Resmi Teken Kesepakatan Damai

  • Oleh Teras.id
  • 16 September 2020 - 13:00 WIB

TEMPO.COJakarta - Delegasi tingkat tinggi dari Israel, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain resmi menandatangani kesepakatan damai bersejarah pada Selasa, 15 September 2020. Perjanjian ini dimediasi Amerika Serikat, dan diteken di Gedung Putih.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menjadi saksi perjanjian damai yang diteken Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Menteri Luar Negeri Emirat Sheikh Abdullah bin Zayed al-Nahyan dan Menteri Luar Negeri Bahrain Abdullatif Al Zayani.

"Kami di sini, sore ini, untuk mengubah arah sejarah setelah puluhan tahun perpecahan dan konflik," ujar Trump seperti disiarkan langsung di www.whitehouse.gov, Selasa, 15 September 2020.

Trump menyebut kesepakatan tersebut merupakan langkah besar sebagai penanda negara timur tengah baru. "Menuju masa depan di yang mana orang-orang dari semua agama dan latar belakang hidup bersama dalam damai dan kemakmuran," ujarnya.

Dia mengatakan, tiga negara Timur Tengah ini akan bekerjasama dalam berbagai sektor. "Mereka akan bekerja sama, mereka berteman," ujar Trump.

Kesepakatan damai tersebut sangat bersejarah karena selama ini negara-negara Timur Tengah yang tergabung dalam Liga Arab menolak hubungan diplomatik dengan Israel demi membela Palestina.

Sebelum Bahrain dan Uni Emirat Arab, Israel baru berdamai dengan Mesir pada 1979 dan Yordania pada 1994.

Dengan kesepakatan yang dimediasi oleh AS tersebut, Israel berjanji menghentikan pencaplokan di wilayah Tepi Barat. (TERAS.ID)

Berita Terbaru