Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indragiri Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau Instruksikan Penyaluran Bantuan Banjir Secara Cepat dan Tepat

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 16 September 2020 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau, Hendra Lesmana menginstruksikan jajarannya agar segera menyalurkan bantuan untuk korban banjir.

Pasalnya, banjir cukup parah masih terjadi. Tidak hanya di pedesaan pada 7 kecamatan. Banjir akibat meluapnya Sungai Lamandau itu juga dirasakan masyarakat di Nanga Bulik.

"Saya sampaikan kepada Dinsos Lamandau, BPBD, dan pihak-pihak terkait dengan dibantu TNI Polri, agar data penerima bantuan betul-betul divalidasi. Jangan sampai ada yang terlewat," kata Hendra Lesmana memimpin rapat terbatas dadakan di tempat pengungsian banjir RT 10 Nanga Bulik, Rabu, 16 September 2020.

Hendra menekankan agar penyaluran banjir di Kabupaten Lamandau dapat dilaksanakan secara cepat dan tepat. 

"Cek betul-betul, bukan tidak percaya kinerja petugas, namun tadi saya sendiri mendengar ada warga terdampak banjir yang belum sama sekali dapat bantuan. Saya tidak ingin hal ini terulang," pintanya. 

Hendra berharap agar setiap bantuan yang disalurkan dapat diterima warga yang memang layak menerima.

"Jangan sampai ada yang terlewatkan, karena ini bentuk tanggungjawab kita terhadap pendistribusian bantuan," ujarnya. 

Sementara itu, salah satu warga yang menghuni tempat pengungsian di RT 10 Nanga Bulik, Widawati (42), menceritakan bahwa dirinya bersama suami dan 3 anaknya telah tinggal di tenda pengungsian selama 6 hari, setelah rumahnya terendam banjir.

"Ini kedua kalinya kami terpaksa tinggal di pengungsian, saat ini rumah kami terendam. Alahamdulillah ada perhatian pemerintah sehingga selain disiapkan tempat, bantuan bahan makanan juga kami terima," ujarnya.

Senada Jamawi (64), warga lainnya, menyampaikan banjir telah menggenangi rumahnya hingga ke jendela. Alhasil dia terpaksa tinggal sementara di tenda pengungsian.

"Saya dan istri terpaksa mengungsi, terima kasih kepada pak Gubernur Kalteng dan pak Bupati Lamandau yang telah memperhatikan kami," ungkapnya.

Dirinya berharap banjir yang terjadi tidak semakin parah dan segera dapat kembali ke rumahnya.

"Semoga saja banjir segera surut, dan pemerintah dapat mencarikan solusi agar banjir tidak terus terulang," harapnya. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru