Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukcapil Kotim Harus Perangi Sindikat Pemalsu KTP

  • Oleh Naco
  • 16 September 2020 - 19:41 WIB

BORNEONEWS,  Sampit - Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Riskon Fabiansyah menyebutkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil harus punya andil untuk memerangi sindikat pemalsu administrasi kependudukan.

Pasalnya kata dia belakangan ini terungkap sindikat pemalsu adminduk warga, sehingga harus ada upaya pencegahan dan penangkalan agar tidak muncul administrasi kependudukan yang palsu.

Menurut Riskon, adminduk yang palsu ini membahayakan jika dibiarkan tanpa ada  solusi atau kiat untuk mengenal keabsahannya.

“Jelas ini rawan sekali, ada tindakan pemalsuan kepada kartu identitas penduduk maupun dokumen kependudukan yang lainnya, maka dari itu harus ditangkal," katanya, Rabu 16 September 2020.

Politisi Golkar ini menyebutkan pilihan warga mengurus melalui calo biasanya yang menyebabkan munculnya tindak pidana pemalsuan dokumen itu. 

Di lain sisi juga ada sikap apatis warga untuk berurusan ke kantor Disdukcapil, apalagi jika pelayanan yang panjang dan mengantri tentunya membuat pilihan jalan pintah tersebut lebih diperlukan.

“Kami berharap di luar tidak ada lagi dokumen-dokumen kependudukan  yang dipalsukan, masyarakat hendaknya datang sendiri melakukan pengurusan dokumennya di kantor Disdukcapil, menghindari pemalsuan ini,” tandasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru