Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesbangpol Barito Selatan Targetkan Indek Demokrasi Pilgub Kalteng 70,9 Persen

  • Oleh Uriutu
  • 16 September 2020 - 22:31 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Barito Selatan menargetkan indek demokrasi pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020 mencapai 70, 9 persen.

"Indek demokrasi pada Pilgub dari dulu hanya 60-63 persen. Pada Pilkada kali ini kita ditargetkan 70, 9 persen," kata Kepala Kesbangpol Barsel, Edi Suharto, Rabu 16 September 2020.

Dia menjelaskan upaya yang dilakukan pihaknya agar indek demokrasi itu bisa meningkat mencapai target ini dengan bekerja sama dengan mitra kerja seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan tokoh masyarakat, dan tokoh adat untuk menyosialisasikan kepada masyarakat.

Dalam kegiatan bersama mitra kerja itu untuk memberikan solusi kepada masyarakat agar dalam pelaksanaan pemungutan suara nantinya protokol kesehatan bisa dijalankan dengan baik.

Yang dilakukan yakni dengan menggandeng mitra kerja ini supaya bersama-sama menyosialisasikan, baik protap kesehatan maupun tahapan Pilkada 2020.

Sekaligus juga menyampaikan kepada mereka terkait berhasil atau tidaknya pelaksanaan kegiatan ini juga dinilai dari kemampuan berdemokrasi dengan baik.

Dia berharap, dengan upaya yang dilakukan pihaknya itu, indek demokrasi bisa diatas 63 atau bisa mencapai sesuai target 70,9 persen.

Kesbangpol merupakan bagian dari Desk Pilkada yang merupakan wadah berkumpulnya semua elemen masyarakat, dan pemerintah daerah.

"Semua SOPD, TNI dan Polri serta kejaksaan tergabung dalam desk pilkada, dan kita yang tergabung dalam desk pilkada itu nantinya juga turun ke lapangan untuk menyukseskan pelaksanaan pilkada Kalteng," ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru