Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diberi Masker, Pelanggar Protokol Kesehatan ini Malah Merobeknya di Depan Kapolsek Parenggean

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 September 2020 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seorang pria di Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) tidak menghargai upaya pendisiplinan yang dilakukan tim gabungan polisi bersama TNI, pemerintah kecamatan, dan petugas kesehatan terkait Peraturan Bupati Nomor 29 Tahun 2020. 

Bukannya berterima kasih saat diberikan masker, pria tersebut malah merobeknya di depan Kapolsek Parenggean, Iptu Agung Gunawan.

Beruntung, emosi Agung Gunawan tidak terpancing. Dia hanya menanyakan kepada pria tersebut alasan melakukan perbuatan tidak terpuji.

"Pria itu hanya kami berikan masukan, dan kami minta agar memakai masker tersebut. Alhamdulillah akhirnya mau mematuhi protokol kesehatan," kata Agung, Kamis, 17 September 2020. 

Kronologis kejadian itu bermula saat tim gabungan melakukan sosialisasi perbup. Setibanya di Pasar Parenggean, mereka menemukan beberapa warga yang tidak gunakan masker. 

Petugas memberikan peringatan dan sanksi berupa sanksi sosial, yakni ucapan minta maaf kepada masyarakat.

Setelah sanksi sosial tersebut diucapkan pelanggar, Agung pun memberikan masker kepada pria tersebut. Namun bukannya dipasang, malah masker itu di sobek dan langsung pergi. 

"Saya tidak mengeluarkan reaksi, karena saya khawatir malah membuat kawan-kawan lainnya tersulut," terang Agung. 

Setelah kejadian itu, pria tersebut diberikan arahan dan akhirnya mau memakai masker yang diberikan. Agung berharap hal ini menjadi pelajaran.

"Apa yang kami lakukan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya mengikuti protokol kesehatan guna mencegah covid-19," pungkasnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru