Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rejang Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Barito Timur Serahkan Kartu Tani Saat Panen Jagung

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 September 2020 - 18:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pada kegiatan panen bersama jagung pakan di kebun milik Polres Barito Timur, Kamis 17 September 2020, selain dilakukan penyerahan jagung kepada penyuluh juga dilakukan penyerahan kartu tani secara simbolis kepada perwakilan petani.

Penyerahan dilakukan oleh Wakil Bupati Barito Timur, Said Abdul Saleh dengan didampingi oleh Kapolres, Ketua PN Tamiang Layang, Pabung Kodim 1012 Buntok, Kepala Dinas Pertanian dan perwakilan bank penerbit kartu tani.

Wabup menyampaikan harapannya agar dinas pertanian dapat terus mendampingi dan membantu petani di tengah pandemi Covid-19, sehingga petani dapat mengembangkan budidaya dengan baik untuk mendukung swasembada pangan.

"Nantinya dinas pertanian juga dapat membantu menyediakan mesin penggiling jagung di sentra penghasil jagung agar petani dapat mengolah pakan ternak dari hasil panen jagung," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi menjelaskan, kartu tani merupakan sarana pemerintah dalam menyalurkan bantuan untuk petani yang berlaku dalam jangka panjang.

Menurutnya implementasi penggunaan kartu tani yang paling dirasakan petani yaitu sebagai sarana mendapatkan penyaluran pupuk subsidi.

"Kartu Tani akan membuat distribusi bantuan pemerintah menjadi lebih tepat sasaran, seperti dalam distribusi pupuk subsidi akan lebih aman karena mengacu pada e-RDKK yang dibuat by name by address," katanya.

Dia menjelaskan kartu tani yang dikeluarkan pihak bank, bisa dimanfaatkan untuk melakukan transaksi di ATM, seperti menarik maupun transfer uang. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru