Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Uni Eropa-Indonesia Perkuat Komitmen Pengembangan Ekonomi Hijau

  • Oleh ANTARA
  • 17 September 2020 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Jakarta  - Uni Eropa bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas meluncurkan EU-Indonesia Cooperation Publication 2020 sebagai upaya memperkuat komitmen pengembangan ekonomi hijau.

Peluncuran dilakukan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa bersama Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Piket secara daring, Kamis.

Publikasi tersebut merangkum upaya memajukan pembangunan berkelanjutan hingga mitigasi efek perubahan iklim, serta menyoroti berbagai pencapaian program-program pembangunan di Indonesia yang didukung Uni Eropa serta para negara-negara anggotanya.

"Kami sadar bahwa pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19 menghadapi banyak tantangan, terutama dalam hal memastikan upaya pemulihan ekonomi sejalan dengan pembangunan berkelanjutan. Pembangunan berkelanjutan adalah salah satu prioritas pembangunan yang implementasinya menjadi target semua sektor. Kami yakin, upaya mencapai pertumbuhan ekonomi berkualitas hanya dapat dicapai jika di waktu yang sama, kita juga melakukan upaya pelestarian lingkungan," kata Suharso.

Kemitraan Uni Eropa dan Indonesia yang berlangsung selama lebih dari 40 tahun telah membuat kemajuan besar dalam menangani prioritas bersama dan tantangan global, termasuk mengatasi krisis kesehatan saat ini dan mengatasi perubahan iklim.


Kerja sama Uni Eropa dan Indonesia mendukung pertumbuhan ekonomi, sistem kesehatan, pendidikan, inklusi sosial, dan perlindungan lingkungan.

Di semua bidang ini, proyek kerja sama bertujuan untuk bertukar pengetahuan, mengembangkan keterampilan, dan membangun kapasitas, yang tercermin dalam tema publikasi tahun ini "Membangun Kapasitas untuk Pertumbuhan Ekonomi Hijau".

Vincent Piket mengatakan pandemi virus corona adalah guncangan sosial dan ekonomi secara tiba-tiba yang mempengaruhi semua masyarakat secara global.

"Uni Eropa dan negara anggotanya bertekad untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam menghadapi krisis. Melalui upaya bersama, kita dapat mengatasi krisis kesehatan dan memastikan pemulihan yang hijau dan berkelanjutan," katanya.

Uni Eropa dan negara anggotanya baru-baru ini meluncurkan paket "Tim Eropa" untuk mendukung respons Indonesia terhadap pandemi virus corona.

Berita Terbaru