Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pelalawan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PNS di Penajam Terlibat Pencurian Sarang Burung Walet

  • Oleh ANTARA
  • 18 September 2020 - 18:31 WIB

BORNEONEWS, Penajam - Polres Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur masih mendalami kasus pembobolan dan pencurian sarang burung walet yang melibatkan PNS.

"Satu anggota kawanan pencurian sarang burung walet berprofesi PNS," ungkap Kapolres Penajam Paser Utara AKBP Muhammad Dharma Nugraha, Jumat 18 September 2020.

"Otak pelaku pembobolan sarang burung walet adalah supir komplotan berinisial MR (24 tahun), kami masih dalami dan kembangkan dari penangkapan itu," ujarnya.

Polisimeringkus kawanan pembobol sarang burung walet, Rabu 16 September 2020. Selain satu orang berprofesi PNS berinisial S (31 tahun), 2 dari 7 anggota komplotan juga masih remaja berinisial AL dan RD berusia 16 tahun.

Anggota kawanan pembobol dan pencurian sarang burung walet lainnya yang diciduk yakni, AP (22 tahun), MS (19 tahun) dan H (39 tahun). "Saat ini 7 pelaku diamankan di Polres Penajam Paser Utara untuk pemeriksaan lebih lanjut," ucapnya.

Total ada 6 bangunan sarang burung walet yang dibobol di wilayah Kecamatan Penajam dengan kerugian ditaksir sekitar puluhan juta rupiah.

Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti yaitu palu, linggis, alat pahat dan dua unit kendaraan roda dua, serta 35 buah sarang walet.

Ke 5 pelaku dikenakan pasal 363 ayat 1 ke 4 dan 5 KUHP dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara. Dua pelaku di bawah umur dilakukan "diversi" atau pengalihan penyelesaian perkara dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana.

ANTARA

Berita Terbaru