Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Ilir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator: Jadikan Museum Sebagai Sarana Edukasi dan Wisata

  • Oleh Hendri
  • 18 September 2020 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah daerah diharapkan dapat  memaksimalkan keberadaan museum sebagai sarana edukasi dan wisata. Salah satunya meningkatkan pengetahuan dalam bidang sejarah, khususnya budaya lokal.

Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Anna Agustina Elsye mengatakan museum tidak hanya sebagai tempat menyimpan benda cagar budaya ataupun tempat mengoleksi benda bersejarah. Namun bisa dijadikan salah satu potensi wisata dan edukasi.

“Manfaatnya adalah membantu program pemerintah untuk mempromosikan kebudayaan, disamping dengan cara promosi konvensional lainnya,” kata Anna Agustina Elsye, Jumat 18 September 2020.

Politisi Partai Gerindra ini mencontohkan keberadaan Museum Balanga Palangka Raya. Pemerintah dapat membuat inovasi dengan membuka layanan wisata ke museum. Dengan begitu kunjungan masyarakat setempat ataupun yang beasal dari luar daerah semakin meningkat.

“Tidak hanya kunjungan wisatawan yang diperhatikan, namun para pelajar yang mengisi waktu liburan juga bisa menikmati wisata sambil mempelajari budaya leluhur di museum tersebut,” kata dia.

Dengan dibukanya pelayanan wisata di museum, tentu kunjungan pelajar akan semakin meningkat. Karenanya, dengan mengoptimalkan fungsi museum dapat menjadi salah satu upaya mengembangkan dan mengenalkan kebudayaan lokal.

“Dengan cara tersebut akan banyak manfaat yang didapat dari fungsi museum. Maka dari itu, penting langkah ini dikembangkan pemerintah,” ujarnya. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru