Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luhut Akan Lobi Uni Emirat Arab untuk Tambahan Vaksin G42 10 Juta Dosis

  • Oleh Teras.id
  • 19 September 2020 - 09:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Pandjaitan akan melobi Uni Emirat Arab untuk memperoleh tambahan vaksin sebesar 10 juta dosis yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi G42. Sebelumnya, kerja sama dengan UEA menyepakati Indonesia akan memperoleh 20 juta dosis vaksin.

“Kita kepingin tambah lagi 10 juta dosis. Komunikasi kami sangat baik dengan UEA,” ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Jumat, 18 September 2020.

Luhut telah berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi terkait permintaan tambahan vaksin ini. Jika lobi di level menteri tak berhasil, ia menyatakan Jokowi sendiri yang akan menghubungi pihak UEA.

Dengan tambahan 10 juta vaksin, Luhut berharap Indonesia bisa memperoleh 30 juta vaksin dari G42 pada 2021. Adapun kerja sama vaksin telah disepakati pada Agustus lalu melalui penandatanganan nota kesepahaman antar-dua negara.

“Kerja sama tidak ada masalah, sebagian sudah dibayar, sudah tanda tangan kontrak. Kita kepingin lebih cepat dan terima lebih banyak,” ucapnya.

Selain dengan Cina, Luhut menyatakan Indonesia telah menjalin kerja sama vaksin dengan Cina untuk pengadaan vaksin dari perusahaan Sinovac Biotech. Luhut menargetkan proses imunisasi vaksin corona akan mulai pada akhir 2020 untuk petugas medis lebih dulu.

Sedangkan sepanjang 2021, ia berharap 270 juta penduduk Indonesia telah tersuntik vaksin. Imunisasi dilakukan secara bertahap di daerah-daerah dengan penyebaran virus tertinggi.

“Pertama orang yang bertugas di bidang kesehatan. Jangan sampai nanti ada lagi dokter dan perawat jadi korban Covid. Lalu nanti lebih luas lagi. Pertama Jawa dan Bali karena sumbernya paling banyak di daerah ini,” katanya.

TERAS.ID

Berita Terbaru