Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lamongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PDAM Harus Fokus Selesaikan Persoalan Air Bersih

  • Oleh Naco
  • 19 September 2020 - 11:20 WIB

BORNEONEWS,  Sampit - Komisi i IV DPRD Kotawaringin Timur mendorong Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mentaya mempercepat proses pipanisasi agar perluasan jangkauan pelanggan. 

Selain itu juga fokus terhadap segala persoalan mengenai  penyediaan air bersih  yang dilakukan pemerintah daerah melalui badan usaha tersebut.

Menurut Anggota Komisi IV DPRD Kotim M Kurniawan Anwar, mereka siap memperjuangkan agar PDAM bisa mengatasi kendala-kendala yang masih dihadapi. 

Politisi Partai Amanat Nasional ini yakin ada solusi terbaik untuk mempercepat pipanisasi distribusi air PDAM sehingga mampu mengatasi tuntutan pelanggan saat ini.

"Komisi IV menekankan program air bersih agar terus dijalankan, terutama di dapil 1 yang dekat dengan pusat kota. Oleh sebab itu, kami sepakat mendukung program PDAM Kotawaringin Timur agar percepatan proses pipanisasi," katanya, Sabtu, 19 September 2020.

Kurniawan Anwar juga meminta Dinas PUPR Kabupaten Kotim bersinergi dengan baik bersama PDAM Kabupaten Kotim.

Ia juga menyebutkan bagi sejumlah daerah seperti kawasan selatan, pasokan air bersih PDAM melalui jaringan pipa, lebih sangat dibutuhkan. 

Terlebih saat musim kemarau, pasokan air bersih oleh PDAM sangat dibutuhkan karena kawasan ini sering dilanda krisis air bersih akibat sumber air seperti sumur dan danau mengering, sedangkan air sungai berasa asin akibat intrusi air laut.   

Air bersih sangat penting bagi masyarakat karena kaitannya tidak hanya dengan pemenuhan kebutuhan air untuk konsumsi, tetapi juga menyangkut kualitas kesehatan.

"Sudah kerap terjadi wabah penyakit seperti muntaber dan diare yang dipicu konsumsi air yang tidak terjamin kualitasnya," tukasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru