Aplikasi Rekapitulasi Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Barito Selatan Monitoring Sejumlah Kelurahan Pastikan DPS Diumumkan

  • Oleh Uriutu
  • 19 September 2020 - 15:35 WIB

BORNEONEWS, Buntok – KPU Barito Selatan melaksanakan monitoring ke sejumlah kelurahan untuk memastikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Kalteng diumumkan.

Ketua KPU Barsel, Bahruddin mengatakan, berdasarkan tahapan bahwa mulai hari ini melaksanakan pengumuman DPS Pilgub Kalteng selama 10 hari, atau berakhir pada 28 September 2020.

“Oleh sebab itu untuk memastikan DPS ini betul-betul diumumkan, maka kita melaksanakan monitoring ke Kelurahan Hilir Sper, Kelurahan Jelapat dan Kelurahan Buntok Kota,” kata Bahruddin kepada Borneonews, Sabtu, 19 September 2020.

Dia menuturkan, hal ini juga merupakan bagian rangkain dari kegiatan sebelumnya, mulai dari Coklit oleh PPDP hingga penetapan DPS pada 12 September 2020 lalu.

DPS yang telah ditetapkan, lanjut dia, sebanyak 94.974 pemilih yang tersebar di 332 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 93 Desa/Kelurahan di Barito Selatan.

“Tepat pukul 07.00 WIB kita meminta kepada teman-teman penyelenggara di semua desa dan kelurahan serentak memasang pengumuman di sekretariat yakni di kantor desa dan kelurahan,” beber dia.

Serta juga, sambung dia, diumumkan di semua RT dan RW terutama di lokasi 332 Tempat Pemungutan Suara.

Ia menjelaskan, esensi utama yang disampaikan melalui kegiatan ini untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat dalam memberi masukan terhadap DPS yang diumumkan.

“Artinya jika ada masih yang belum terdaftar sebagai pemilih, maka ini kesempatan untuk mendaftarkan lagi. Sehingga daftar pemilih nantinya akuntabel dan lebih akurat,” jelas dia.

Pihaknya pun berharap pada masa masukan dan tanggapan ini, betul-betul bisa melakukan perbaikan-perbaikan terhadap data pemilih.

Hal ini, lanjut dia, untuk melindungi hak pilih kepada seluruh masyarakat yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih.

Berita Terbaru