Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Harus Netral

  • Oleh Naco
  • 20 September 2020 - 19:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Kotawaringin Timur menekankan agar netralitas pemerintah dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah adalah harga mati.

Pemerintah daerah wajib menunjukkan independensi baik itu dari aparatur desa, kelurahan dan kecamatan serta independensi aparatur sipil negara.

Hal ini penting agar masyarakat tidak dirugikan dan pelaksanaan pembangunan berjalan sesuai aturan serta berdasarkan kepentingan masyarakat.

“Jangan sampai kesannya pemerintah daerah ada memihak. Wajib hukumnya netralitas menjadi pijakan utama untuk mendapatkan pelaksanaan pilkada yang berkualitas dan sukses,”kata SP Lumban Gaol.

Dia juga mengingatkan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) harus netral untuk kepentingan masyarakat. Dia mengingatkan agar APBD Kotim jangan sampai terkesan memihak kepada kepentingan salah satu bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kotim.

"Penggunaan APBD jangan sampai tidak netral atau berpihak kepada salah satu pasangan calon karena apabila masyarakat mengetahui ada ketidaknetralan dalam penggunaan APBD tersebut maka kita akan menjadikan dan mewariskan pemimpin-pemimpin yang tidak kredibel dan tidak berintegritas tinggi," kata Juru Bicara Fraksi Demokrat itu.

Apa yang disampaikannya menyikapi semakin dekatnya pelaksanaan pemilu kepala daerah 9 Desember 2020. Pesta demokrasi lima tahunan ini diharapkan berjalan dengan baik, lancar dan sesuai aturan.

Ada empat bakal pasangan calon yang sudah terdaftar di Komisi Pemilihan Umum, yaitu Suprianti Rambat-Muhammad Arsyad, Halikinnor-Irawati, Muhammad Rudini Darwan Ali- Samsudin dan HM Taufiq Mukri-Supriadi.

Dari figur-figur tersebut, umumnya memiliki jabatan penting di eksekutif maupun legislatif, meski beberapa diantaranya kini sudah mengundurkan diri. HM Taufiq Mukri merupakan Wakil Bupati, Halikinnor merupakan Sekretaris Daerah, Irawati meruupakan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, H Muhammad Rudini Darwan Ali merupakan Wakil Ketua DPRD, H Samsudin merupakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kotim dan Muhammad Arsyad merupakan anggota DPRD Kotim.

Lumban Gaol mengatakan, beberapa bulan kedepan Kotim akan menyelenggarakan pesta demokrasi yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur.

Berita Terbaru