Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebakaran Lahan Mulai Terjadi di Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 September 2020 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Meski masih terjadi hujan, namun kebakaran lahan di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai terjadi dalam 2 hari terakhir ini.

Bahkan tidak hanya di satu tempat, namun sejak kemaren sudah ada beberapa lahan di pinggiran kota yang sudah terbakar. Hari ini saja kebakaran terjadi di Jalan Pramuka, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Belum diketahui persis berapa luasan lahan yang terbakar, dan akibat sengaja atau tidak. Sementara itu pemadaman sendiri dilakukan oleh Komunitas Milenial Tanggap Bencana.

Mereka melakukan pemadaman secara swadaya dengan harapan api tidak terus membesar dan merambat lebih luas lagi di lahan tersebut.

"Kamis berupaya melakukan pemadaman agar kebakaran tidak terus meluas," ujar Ketua Milenial Tanggap Bencana, Adi Wahyudi, Minggu 20 September 2020.

Pemadaman sendiri tidak juga dilakukan oleh BPBD yang juga tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Mereka bahu-membahu untuk melakukan pemadaman agar kebakaran lahan di Kotim tidak terjadi seperti tahun sebelumnya, sehingga bisa mengantisipasi terjadinya musibah kabut asap. Sementara kemarin kebakaran lahan di Sampit terjadi di 4 titik.

Di antaranya di Jalan Bumi Ayu, Amin Kelaru, dan juga di Jalan Pramuka. Rata-rata lahan yang terbakar lebih dari satu hektare dan diduga ada pemiliknya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru