Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Kobar: Berharap Pilkada 2020 Aman, Damai, dan Bebas Covid-19

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 20 September 2020 - 21:51 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kotawaringin Barat (Kobar) mengharapkan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 bisa berjalan aman, damai dan bebas dari Covid-19.

Ketua Bawaslu Kobar, Dorik Rozani mengatakan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahuh ini diharapkan lebih demokratis. Pesta demokrasi ini jangan sampai menjadi perpecahan.

"Kita harus wujudkan Pilkada aman dan damai. Serta hal terpenting saat ini ialah, bebas dari Covid-19, sehingga dalam kegiatan apapun, ayo disiplin protokol kesehatan," ujarnya, Minggu 20 September 2020.

Lalu upaya untuk menciptakan pilkada aman dan damai dan salah satunya Bawasalu akan melakukan pengawasan kampanye konvensional.

Selain itu juga akan memantau segala bentuk kampanye yang dilakukan lewat dunia maya. Jadi Bawaslu Kobar berencana melakukan pembentukan tim pengawas kampanye di media sosial.

"Pembentukan tim patroli media sosial itu dilakukan untuk mengawasi dan meminimalisir segala bentuk pelanggaran kampanye, seperti melakukan kampanye diluar jadwal, kampanye hitam (black campaign) dan ujaran kebencian. Sehingga pemilukada yang berlangsung di Kalimantan Tengah dan Kobar khususnya bisa berjalan kondusif," ungkapnya.

Namun sebelum melakukan pembentukan tim patroli media sosial, pihaknya saat ini masih menunggu petunjuk dari Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah maupun Bawaslu RI.

Dorik menghimbau masyarakat bijak dalam media sosial dengan cara menyaring setiap informasi yang diterima agar terhindar dari berita bohong (hoaks).

"Bawaslu menghimbau warga dalam menyambut Pilgub Kalteng 2020, untuk bermedia sosial yang bijak dan santun demi kobar yang aman, damai dan sehat," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru