Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kendal Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Miliki Potensi, Komunitas Ini Minta Pemkab Barito Timur Perjuangkan Danau Biru

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 September 2020 - 22:41 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Widid Septiawan selaku koordinator beberapa komunitas yang melakukan aksi peduli lingkungan, menilai, Danau Biru di Desa Dorong Kecamatan Dusun Timur memiliki potensi untuk dikembangkan.

Karena itu dia berharap pemerintah desa setempat maupun pemerintah kabupaten memperjuangkan pengelolaan danau tersebut sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar.

"Ini punya potensi ekonomi jika dikelola sebagai objek wisata air maupun budidaya ikan keramba," kata Widid di Desa Dorong, Minggu 20 September 2020.

Sebagai obyek wisata, danau yang terletak di RT 03 Desa Dorong ini mudah sekali dijangkau dari kota Tamiang Layang karena hanya berjarak sekitar 4 kilo meter dari pusat kota.

Pada kesempatan itu, Widid juga mengajak masyarakat untuk turut melestarikan jenis-jenis ikan yang hanya ada di Kalimantan atau biasa disebut ikan endemik.

"Kalau menangkap ikan jangan gunakan cara yang merusak habitat air seperti bom ikan, setrum, racun atau pun menangkap secara berlebihan," pesannya.

Sementara itu Kepala Desa Dorong, Superson meminta dukungan dari instansi terkait untuk menambah populasi ikan di danau.

"Kami juga akan perjuangkan agar perusahaan pemilik kuasa pertambangan pada eks galian tambang ini bisa menghibahkan tempat ini untuk dikelola oleh pemerintah desa," katanya.

Aksi peduli lingkungan dilakukan oleh komunitas Widid Pangahengau, Wild Water Indonesia Barito Timur, Sanggar Komandan, Mintan Ngau serta warga Desa Dorong dengan menebar ikan di Danau Biru. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru