Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jembrana Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peduli Lingkungan, Komunitas di Barito Timur Tabur Ikan di Danau eks Tambang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 September 2020 - 23:11 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Beberapa komunitas di Kabupaten Barito Timur melakukan aksi peduli lingkungan dengan menebar ikan pada danau eks tambang batubara yang berada di RT 03 Desa Dorong Kecamatan Dusun Timur.

Komunitas ini yaitu Widid Pangahengau, Wild Water Indonesia Barito Timur, Sanggar Komandan, Mintan Ngau serta warga desa.

Widid Septiawan selaku penggagas kegiatan ini menjelaskan penebaran ikan dilakukan untuk menambah populasi ikan air tawar sekaligus melestarikan ikan-ikan yang hanya ditemukan di daerah setempat atau endemik.

"Pulau Kalimantan kaya dengan ikan-ikan endemik, kami berharap dengan aksi seperti ini dapat turut melestarikan fauna yang populasinya makin menurun tersebut," katanya, Minggu, 20 September 2020.

Dia juga berpesan agar masyarakat tidak melakukan penangkapan ikan dengan cara yang dapat merusak habitat air seperti bom ikan, setrum, racun atau pun menangkap secara berlebihan.

Sementara itu Kepala Desa Dorong, Superson yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada komunitas yang telah peduli terhadap lingkungan dan memanfaatkan danau eks tambang yang berada di desa yang dipimpinnya untuk menebar ikan.

"Tapi masyarakat tidak boleh dulu menangkap ikan yang baru ditebar, paling tidak dibiarkan 2 tahun dulu biar berkembang biak," katanya.

Dia juga berharap danau seluas sekitar 5 hektare yang biasa dikenal dengan sebutan Danau Biru oleh warga sekitar, dapat dihibahkan oleh perusahaan pemilik kuasa pertambangan atau KP untuk dikelola oleh pemerintah desa.

"Saya sudah hubungi perusahaan pemilik KP, kami berharap ini bisa dihibahkan ke desa, kami juga akan minta dukungan pemerintah daerah untuk perjuangkan ini," katanya.

Wahyu Purnawan, salah satu warga Dusun Timur yang turut mendukung kegiatan tersebut juga melihat potensi ekonomi pada Danau Biru jika dikelola sebagai obyek wisata, tempat pemancingan maupun sebagai wahana olahraga air. "Bagus ini kalau dikelola oleh pemerintah desa melalui BUMDes," ujar Wahyu. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru