Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Wilayah Kecamatan di Katingan Ini masih Terendam Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 21 September 2020 - 11:20 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Hingga Senin,  21 September 2020 masih ada dua wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan yang terendam banjir. 

Dua wilayah kecamatan itu,  yakni Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang.  Sementara itu dari data pihak BPBD Kabupaten Katingan, sejumlah wilayah kecamatan di bagian hulu dan tengah seperti Katingan Hulu,  Marikit,  Petak Malai,  Sanaman Mantikei,  Katingan Tengah,  Pulau Malan,  Tewang Sanggalang Garing dan Kecamatan Katingan Hilir, banjir kini sudah mulai surut dan aktifitas warga kembali seperti biasa. 

Namun kini banjir masih berlangsung di Tasik Payawan dan Kamipang.  Banjir di dua kecamatan ini biasanya lebih lama hingga satu bulan lebih. 

Pasalnya,  Sungai Katingan di wilayah ini selain menampung air dari wilayah hulu,  juga dipengaruhi dengan air pasang dari Laut Jawa wilayah Kecamatan Katingan Kuala. 

Bupati Katingan Sakariyas akhir pekan kemarin langsung turun ke lokasi banjir di Petak Bahandang Kecamatan Tasik Payawan.  Selain meninjau kondisi banjir,  orang nomor satu di Bumi Penyang  Hinje Simpei ini juga memberikan bantuan paket sembako secara simbolis kepada warga Petak Bahandang.

Bupati mengatakan, untuk bantuan paket sembako kepada warga terdampak banjir di 10 wilayah kecamatan yang jumlahnya lebih dari 3.000 kepala keluarga bakal dilakukan meyusul sambil menunggu data dari pihak kecamatan masing-masing. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Suryadilaga mengakui jika banjir di daerahnya sudah menyurut.  "Yang untuk wilayah hulu dan tengah banjir sudah surut, tapi sekarang banjir masih terjadi di wilayah hilir yaitu Kecamatan Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang, " kata Eka Suryadilaga. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru