Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kantor Menteri ESDM Raih Penghargaan Gedung Hemat Energi Se-ASEAN

  • Oleh ANTARA
  • 21 September 2020 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta  - Gedung kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meraih penghargaan bergengsi dalam ajang ASEAN Energy Awards 2020.

Gedung Heritage dan Gedung Chairul Saleh menjadi pemenang dalam lomba gedung hemat energi tersebut.

Pengumuman dan penganugerahan pemenang akan dilakukan pada The 38th ASEAN Ministers on Energy Meeting di Da Nang, Vietnam, November 2020.

"Gedung Heritage sebagai 1st runner-up pada kategori Small & Medium Green Building, sementara Gedung Chairul Saleh sebagai 2nd runner-up untuk kategori Small & Medium Energy Management in Building," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam rilis di Jakarta, Senin.

Agung juga mengungkapkan bahwa dengan raihan ini diharapkan gedung-gedung di lingkungan Kementerian ESDM dapat ikut serta pada ASEAN Energy Awards pada tahun-tahun berikutnya.


"Kami berharap gedung-gedung di lingkungan Kementerian ESDM dapat diikutsertakan secara bergantian pada ajang yang sama tahun berikutnya. Partisipasi dalam kompetisi ini juga diharap dapat mendorong pengelola gedung dan pegawai Kementerian ESDM menerapkan pola hidup hemat energi," ujarnya.

Gedung Heritage, tempat Menteri ESDM Arifin Tasrif berkantor, merupakan gedung bersejarah yang telah direnovasi pada 2016 dan ditransformasi menjadi Near-Zero Energy Building.

Sejak 2017, bangunan tersebut telah terpasang 441 panel surya dengan total kapasitas 86 kWp atau setara dengan 44,2 persen dari total kapasitas listrik terpasang.

Sistem energi terbarukan tersebut mampu menghasilkan energi 70.080 kWh/tahun dan menghasilkan penghematan hingga 7.008 dolar AS per tahunnya.

Sebagai upaya dalam mengurangi dampak lingkungan, Gedung Heritage berkomitmen untuk menambahkan sistem energi terbarukan lainnya dan ditargetkan menjadi Bangunan Nett Zero Energy pada 2024.

Berita Terbaru