Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Murung Raya Waspada Penularan Covid-19 Klaster Kantor

  • Oleh Trisno
  • 21 September 2020 - 11:26 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Meskipun tidak begitu meningkat secara signifikan, namun penambahan kasus terkonfirmasi Positis Covid-19 di Kabupaten Murung Raya terus terjadi, dan sepekan terakhir ada sebanyak tiga tambahan kasus, satu kasus pada Minggu kemarin sehingga saat ini total kasus sebanyak 147.

Terkait dengan penambahan tiga kasus selama seppekan terakhir tersebut, Perakilan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Mura, dr. Suria Siri yang juga Kepala Dinas Kesehatan mengingatkan agar mewaspadai penularan klaster kantor.

Karena ada beberapa kasus yang ditemukan, orang tersebut bekerja di kantor pemerintahan dan tentu ada potensi menularkan ke rekan kerja apabila ada kontakk erat atau tidak menerapkan protocol kesehatan dilingkungan kerja.

“Sampai saat ini ada beberapa kantor Pemerintah yang pegawainya terkonfirmasi Positif Covid-19, sehingga kami himbau agar penularan di lingkungan kantor harus diwaspadai. Penerapan protocol kesehatan di lingkungan kantor lebih diperketat,” jelasnya saat dikonfirmasi PPost, Minggu.

Ia mengatakan saat ini apa yang diisitlahkan cluster kantor sedang melanda sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk juga ada sedikit kasus di Kabupaten Mura. Hal ini tentu harus menjadi perhatian bersama.

Khususnya para pimpinan di SOPD dan seluruh jajarannya, dengan semakin ketat dan disiplin dalam menerapkan protocol kesehatan di lingkungan kerja, membatasi jumlah pegawai dalam satu ruangan, selalu menggunakan masker, mencuci tangan, membuak akses sirkulasi uadara di ruangan.

Karena ruangan tertutup dan ber AC katanya sangat rentan menjadi penyebab penularan Covid-19 dan rata rata kantor Pemeritahan ruang kerjanya selalu tertutup dan ber AC.

Jangan sampai jelasnya, penularan di lingkungan kantor meluas dan tentu akan menggangu kegiatan pelayanan dan roda pemerintahan.

Sementara itu, dr. Suria menjelaskan bahwa akan segera melakukan rapid test kepada pegawai yang ada di dua kantor yang terdapat kasus positif Covid-19 dan langsung melakukan uji swab apabila ada yang bertsatus reaktif.

“Kami melakukan upaya cepat dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 termasuk di lingkungan kantor, dengan secera melakukan tracking dan screaning untuk secara cepat mengetahui siapa saja yang terpapar dan langsung dilakukan upaya karantina atau isolasi,” tuturnya. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru