Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bantul Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebakaran Lahan di Jalan Pramuka Hampir Menghanguskan Rumah Warga

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 September 2020 - 13:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebakaran lahan yang terjadi di Gang Buntu, Jalan Pramuka, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) hampir menghanguskan rumah warga. 

Hal tersebut membuat warga yang merupakan pemilik rumah berusaha untuk memadamkan api meskipun dengan peralatan seadanya. Namun apa yang dilakukannya tersebut hanya menjaga agar api tidak merambah ke rumahnya. 

Sedangkan api terus membesar dan merambah lebih luas dari kebakaran. Keadaan tersebut membuat warga takut api semakin terus membesar. 

"Yang saya rasakan bukan hanya khawatir saja, namun saya takut dengan kejadian kebakaran lahan ini. Karena sangat dekat dengan rumah saya," ujar Suryati, warga yang tinggal di daerah tersebut, Senin, 21 September 2020. 

Dirinya mengetahui kemunculan api sekitar pukul 05.30 WIB pagi tadi. Namun api tidak terlalu besar. Namun siangnya, api semakin besar dan meluas. Sehingga, dia kewalahan memadamkannya.

Beruntung, saat itu, tin dari Satgas Karhutla Kotim bergegas ke TKP untuk melakukan pemadaman, dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim. 

Akhirnya, kebakaran tersebut dapat dipadamkan. Warga yang rumahnya sangat berdekatan pun bisa tenang.

"Karena saya takut api membesar, saya sampai meliburkan diri untuk bekerja karena tidak berani meninggalkan rumah," terang Suryati. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru