Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Balangan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fairid Naparin: Palangka Raya Tidak Banjir Hanya Tergenang

  • Oleh Hendri
  • 22 September 2020 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan kondisi air setinggi 30 sentimeter di kawasan permukiman bukan banjir seperti yang terjadi di wilayah lain, namun lebih seperti genangan saja.

"Kondisi ini lebih kepada genangan air, bukan banjir seperti yang terjadi di wilayah lain," kata Fairid usai meninjau kawasan tergenang, Senin malam 21 September 2020.

Malam itu Kota Cantik dan sekitarnya diguyur hujan lebat selama beberapa jam. Alhasil, sejumlah lokasi kawasan permukiman yang tidak memiliki saluran drainase dengan kapasitas layak tergenang hingga setinggi 30 sentimeter.

Antara lain kawasan bilangan Jalan Beliang, Jalan Rajawali, Jalan G Obos XII dan Jalan Temanggung Tilung Jalan Bukit Kemintinh, Jalan Yos Sudarso serta beberapa kawasan permukiman dan perkantoran ikut tergenang.

Pernyataan itu juga didukung kondisi lapangan. Tidak lama kondisi air juga mengalami penurunan. Selain itu sejumlah kawasan di kota setempat sedang dilakukan perbaikan saluran drainase.


Fairid mengakui kondisi saat ini cukup berat, apalagi dengan adanya pandemi Covid-19. Padahal pada tahun 2020 ini program utama yang dimiliki adalah pembangunan infrastruktur.

Namun pada kenyataannya, ditengah jalan mulai merebak pandemi Covid-19 yang mengharuskan pemerintah daerah melakukan percepatan penanganan serta penanggulangan virus tersebut.

"Kita harus bisa memilah secara jeli antara memutus mata rantai pandemi Covid-19, masuknya musim penghujan dan memperhatikan infrastruktur. Adanya pandemi ini bukan berarti pembangunan drainase tak berjalan, tapi tetap berlanjut," ungkapnya.

"Bahkan kami siapkan strategi pembiayaan untuk mengejar ketertinggalan. Jadi kami mohon pengertian masyarakat agar tetap bersabar menanti pembenahan infrastruktur," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru