Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Modus Baru Penyelundupan Narkoba Masuk Kobar, Simpan Sabu Dalam Anus

  • Oleh Wahyu Krida
  • 22 September 2020 - 13:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kotawaringin Barat (Kobar) I Wayan Korna dalam rilis kasus pada Selasa, 22 September 2020 mengatakan, modus baru penyelundupan narkoba masuk ke Kobar.

Yakni dilakukan oleh MR (40 tahun) lelaki asal Medan Sumatera Utara. Dia nekad menyembunyikan sabu seberat 2 ons dalam anusnya. 

Menurut I Wayan Korna mengatakan, memang di Indonesia beberapa kali kasus penyelundupan narkoba dengan cara serupa dilakukan, namun oleh pelaku dari luar negeri.

"Beberapa waktu lalu di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta kasus serupa sempat diungkap dengan pelaku asal Nigeria dan beberapa negara lainnya," jelas I Wayan Korna.

I Wayan Korna menduga pelaku MR meniru cara tersebut untuk membawa narkoba masuk ke Pangkalan Bun.

"Alasannya mungkin lantaran sulitnya pendeteksian karena kurangnya peralatan deteksi bila sabu dimasukkan  dalam tubuh. Alat yang bisa mendeteksi tersebut di bandara hanya ada di jalur kedatangan internasional," jelas I Wayan Korna.

Walaupun sulit terdeteksi, lanjut I Wayan Korna, bukan berarti modus tersebut tidak bisa diungkap.

"Sekedar diketahui, pelaku sempat lolos pada bandara di Medan, Jakarta dan Semarang. Namun atas bantuan penuh dari Sat Narkoba Polres Kobar, Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar dan TNI AU Lanud Iskandar kasus ini bisa diungkap," tutur I Wayan Korna. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru