Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Depok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Lamandau Mantapkan Sistem Pengamanan Kota Jelang Pilkada Kalteng

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 22 September 2020 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Polres Lamandau memantapkan kesiapan pengamanan menjelang Pilkada Kalteng. Salah satunya dengan menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Dalam Kota (Sispamkota). 

Dalam simulasi yang berlangsung pada Selasa 22 September 2020 itu, 

tergambarkan suasana ricuh di Kota Nanga Bulik, Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau. 

Sekelompok massa yang tidak terima hasil keputusan pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertindak bringas hingga melakukan perusakan fasilitas umum bahkan melawan aparat yang bertugas.

Pendemo di depan Kantor KPU Lamandau yang menuntut adanya Pilkada ulang serta pembatalan hasil pleno KPU kian bertindak brutal. Penyampaian aspirasi sontak berubah menjadi amukan yang berujung pada aksi anarkistis berupa penjarahan dan pembakaran fasilitas umum dalam kota.

Kondisi itu langsung disikapi cepat oleh tim gabungan yang terdiri atas anggota TNI, Polri, Satpol PP dan instansi terkait lainnya tergabung dalam tim pengamanan Pilgub Kalteng di Kabupaten Lamandau.

Pantauan di lapangan, Polres Lamandau yang menurunkan personel lengkap dibantu TNI dan aparat keamanan lainnya melakukan tugasnya dengan bertindak tegas, terukur dan profesional dalam upaya pengamankan situasi yang terjadi.

Sejumlah pasukan mulai dari Dalmas hingga TRC melakukan tugasnya dengan cara-cara persuasif. Namun masa tak menggubris tim mediator yang mencoba meredam situasi. 

Kondisi kian lama kian tak terkendali, aparat kanan akhirnya mengeluarkan tembakan peringatan dan menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa. Tim pengamanan Pilgub Kalteng juga didukung berbagai peralatan lengkap seperti AWC dan kendaraan taktis lainnya. 

Melalui berbagai strategi jitu serta tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, akhirnya tim keamanan berhasil melumpuhkan dan mengamankan beberapa orang otak perusuh serta provokator aksi. Kemudian, menghalau massa untuk kembali ke rumah masing-masing. Tim keamanan juga berhasil memulihkan kembali sutuasi kota pasca aksi yang terjadi.

Kegiatan simulasi Sispamkota tersebut berlangsung di Jalan Bukit Hibul Barat, Komplek Perkantoran Nanga Bulik. Hadir dalam kegiatan itu Bupati Lamandau H Hendra Lesmana, Kapolres Lamandau AKBP Titis Bangun Handoyo Putro, Dandim 1017/Lamandau Letkol Inf Hafees Is Jafrin dan sejumlah perwakilan forkopimda pemkab Lamandau. 

"Alhamdulillah, simulasi Sispamkota yang kita gelar ini berjalan lancar. Semoga latihan ini menjadi modal kita bersama untuk memastikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak nanti berjalan dengan lancar, aman dan damai," harap Kapolres. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru