Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Firli Adakan Pertemuan Khusus dengan 12 Pejabat KPK yang Baru Bilantik

  • Oleh ANTARA
  • 22 September 2020 - 23:59 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri akan mengadakan pertemuan khusus dengan 12 pejabat struktural yang baru dilantik membahas tugas-tugas pemberantasan korupsi ke depan.

"Nanti kami akan lakukan pertemuan khusus dengan pejabat yang baru dilantik. Jadi, setelah ini kami akan melakukan pertemuan antara pejabat eselon I, eselon II, dan pimpinan terkait dengan tugas baru rekan-rekan," kata Firli saat memberikan sambutan usai pelantikan 12 pejabat struktural di Gedung KPK, Jakarta, Selasa 22 September 2020.

Dalam kesempatan itu Firli juga mengingatkan mengenai tugas pokok KPK sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 19 Tahun 2019.

"Pertama, melakukan pencegahan agar tidak terjadi korupsi. Kedua, berkoordinasi dengan instansi terkait yang berwenang melaksanakan pemberantasan korupsi dan pelayanan publik," katanya.

Ketiga, melakukan monitoring atas penyelenggaraan pemerintahan negara. Keempat melakukan supervisi terhadap instansi yang berwenang melaksanakan pemberantasan korupsi.

Kelima, melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan tindak pidana korupsi dan keenam adalah melaksanakan putusan pengadilan dan hakim yang telah berkekuatan hukum tetap.

Selain tugas pokok, Firli juga mengingatkan kepada 12 pejabat struktural itu terkait dengan visi dan misi KPK. "Pertama, melakukan pencegahan dengan perbaikan sistem, kedua melakukan pencegahan dengan pendekatan pendidikan masyarakat. Saya garis bawahi pendidikan masyarakat jadi penting karena sesungguhnya kita mampu mengubah dunia dengan pendidikan," katanya.

Selain pencegahan, KPK juga melakukan penindakan dengan menitikberatkan dalam hal pengembalian kerugian negara, penyelamatan kerugian negara, dan pengembalian uang hasil korupsi (asset recovery).

"KPK membangun komitmen untuk transparan, profesional, dan akuntabel sehingga tetap dipercaya oleh rakyat," tuturnya. Di akhir sambutannya, dia mengharapkan kepada para pejabat struktural ini agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Kami bersyukur telah mendapatkan para pegawai yang akan mengisi jabatan eselon II di KPK dan ini atas kehendak dan rida Allah Swt. Jalankan amanah dan terus sabar, ikhlas, dan bersyukur dengan apa yang akan diberikan pada masa yang akan datang," katanya.

Berita Terbaru