Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Usulkan Pemko Palangka Raya Bentuk Tim Khusus Bersihkan Drainase

  • Oleh Hendri
  • 23 September 2020 - 12:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kota Palangka Raya Riduanto mengusulkan, agar pemerintah kota setempat membentuk tim khusus yang bertugas mencegah terjadinya penyumbatan drainase akibat penumpukan sampah maupun sendimentasi.

"Bisa dibentuk dalam beberapa tim khusus, dengan tugas melakukan pengerukan sendimentasi sampah, sehingga aliran air di selokan atau drainase terus berfungsi dengan baik," katanya, Rabu 23 September 2020.

Menurut Riduanto, tim khusus ini sudah banyak diterapkan di beberapa kota besar di Indonesia. Seperti Kota Surabaya, Lampung dan kota besar lainnya.

Dalam implementasinya,  pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) atau Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim), terlebih dahulu membentuk dan menjaring anggota.

"Nah, tim inilah yang ditugaskan berkeliling memantau, sekaligus membersihkan saluran drainase pada masing-masing titik kawasan yang menjadi wilayah tugasnya," jelas Riduanto.

Politisi PDI Perjuangan ini menilai, keberadaan tim khusus tersebut akan memberi dampak positif sebagai langkah pencegahan dini terjadinya genangan atau banjir.


"Semisalkan, ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi tim sudah bergerak ke lapangan dengan menggunakan atribut, lengkap didukung fasilitas penunjang pengerukan dan armada khusus," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru