Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

3 Desa di Wilayah Kerja Puskesmas Tamiang Layang Belum Bebas BABS

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 September 2020 - 17:15 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sebanyak 3 desa di wilayah kerja Puskesmas Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, ternyata belum bebas dari kebiasaan Buang Air Besar Sembarangan atau BABS.

"Tiga desa itu yakni Desa Didi, Haringen, dan Magantis," jelas kata Kepala UPT Puskesmas Tamiang Layang, Marlina Susana pada musrenbangdes di Desa Haringen, Rabu 23 september 2020.

Dia menambahkan, informasi terakhir di Desa Haringen, ada 15 keluarga yang belum memiliki jamban sendiri. Namun, sudah dibantu pemerintah desa untuk 10 keluarga, sehingga masih tersisa 5 keluarga.

Untuk itu, dia mendorong pemerintah desa agar memberi perhatian terhadap masalah tersebut, sehingga pada tahun ini seluruh desa di wilayah kerja puskesmas sudah terbebas dari kebiasaan BABS atau ODF (open defecation free).

Dia menambahkan, BAB sembarangan atau pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat dapat menyebabkan penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

"Untuk memutus penyebaran penyakit seperti itu semua desa harus ODF dengan membangun jamban sehat. Itu dapat dibantu pemerintah desa melalui DD, sedangkan kami dari puskesmas mendampingi dalam hal teknis," imbuhnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru