Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belitung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyaluran Kredit Melambat Seiring Menurunnya Konsumsi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 September 2020 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pertumbuhan kredit di Kalimantan Tengah secara lokasi proyek mengalami perlambatan untuk setiap jenis penggunaannya. Perlambatan aktivitas perekonomian dalam 2 triwulan terakhir disinyalir menjadi penyebabnya. Sejalan dengan pertumbuhan kredit umum, penyaluran kredit UMKM yang juga mengalami perlambatan.

"Namun risiko kredit untuk kredit umum dan UMKM mulai mengalami sedikit perbaikan memasuki triwulan III, sejalan dengan mulai bangkitnya aktivitas perekonomian pasca PSBB," kata Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi, BI Perwakilan Kalimantan Tengah, Yudo Herlambang, Rabu, 23 September 2020.

Sementara itu, penghimpunan DPK mengalami peningkatan, didorong oleh simpanan jangka pendek dan panjang.

"Secara umum pertumbuhan kredit mengalami perlambatan. Perlambatan ini sejalan dengan melambatnya aktivitas perekonomian dalam dua triwulan terakhir," jelas Yudo lagi.

Pertumbuhan kredit modal kerja dan NPL, katanya, mengalami perbaikan memasuki triwulan III dan menjadi sinyal perbaikan ekonomi.

"Pangsa kredit UMKM terhadap total kredit adalah sebesar 19,71%, angka ini dibawah threshold sebesar 20% yang diatur dalam PBI No.17/12/2015. Namun capaian ini sudah mengalami perbaikan dibandingkan triwulan II yang sebesar 19,57%," beber Yudo lagi.

NPL UMKM, lanjut Yudo, mengalami perbaikan memasuki bulan Juli 2020 sejalan dengan mulai kembali bangkitnya aktivitas perekonomian.

"Sementara penghimpunan DPK hingga bulan Juli 2020 mengalami peningkatan dibandingkan triwulan II 2020. Peningkatan DPK ini sejalan dengan kecenderungan masyarakat pada masa pandemi untuk menahan aktivitas konsumsinya dan cenderung menabung dengan motif berjaga-jaga," paparnya.

Hal ini terkonfirmasi oleh pertumbuhan jenis simpanan jangka pendek yaitu tabungan yang mengalami peningkatan. Di samping itu pertumbuhan untuk jenis simpanan jangka panjang, yakni deposito dan giro juga mengalami peningkatan. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru