Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Jambi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Rekomendasi Penanganan Ekonomi di Masa Pandemi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 September 2020 - 11:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bank Indonesia merekomendasikan beberapa poin untuk penanganan ekonomi di masa pandemi Covid-19 untuk wilayah Kalimantan Tengah. Hal ini disampaikan Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi, Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah, Yudo Herlambang dalam Diseminasi Perkembangan Ekonomi Terkini Provinsi Kalimantan Tengah via zoom pada Rabu, 23 September 2020 siang.

"Rekomendasi Bank Indonesia ialah pemberdayaan UMKM melalui penciptaan permintaan oleh Pemerintah Daerah. Dalam upaya menjaga eksistensi dan keberlangsungan UMKM, diperlukan penciptaan permintaan baru yang berasal dari unsur birokrasi. Melalui SK kepala daerah tersebut diharapkan dapat menciptakan permintaan dan memberikan kepastian usaha kepada UMKM sehingga meminimalisir dampak ekonomi kepada pelaku UMKM," kata Yudo dalam paparannya.

Rekomendasi lainnya ialah pemberian insentif untuk masyarakat dan pelaku usaha.

"Melambatnya pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah pada triwulan I 2020 disebabkan oleh perlambatan konsumsi domestik dari sisi permintaan serta perlambatan pertumbuhan Kinerja LU Pedagang Besar & Eceran atau PBE, LU Transportasi & Pergudangan, LU Akomodasi & Makan Minum," tuturnya.

Sehubungan dengan itu, dibutuhkan kebijakan-kebijakan yang dapat menjaga Kinerja pertumbuhan pada triwulan II 2020.

"Rekomendasi ketiga ialah pengendalian inflasi di Kalimantan Tengah dengan menerapkan 4K dalam roadmapnya yaitu Ketersediaan Pasokan, Komunikasi Efektif, Kelancaran Distribusi dan Keterjangkauan Harga. Keberhasilan pengendalian harga dengan berpatokan pada Roadmap TIPD sangat ditentukan oleh komitmen, sinergi dan koordinasi antar instansi dan lembaga dalam upaya pengendalian harga pangan," jelas Yudo lagi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru