Aplikasi Pilkada Serentak

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Himbara Perlu Perbanyak Salurkan Kredit kepada UMKM Baru Sektor Riil

  • Oleh ANTARA
  • 24 September 2020 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Jakarta  - Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) perlu terus memperbanyak penyaluran kredit kepada UMKM baru di sektor riil, sehingga pemberdayaan dan pemulihan ekonomi nasional tidak hanya terpusat pada kalangan tertentu tetapi bersifat meluas.

"Saya minta agar bank-bank ini juga menyasar debitur baru dan penyalurannya tidak hanya bersifat top up bagi debitur terdaftar (existing) yang memerlukan tambahan modal," kata Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin dalam siaran pers, Kamis.

Sedangkan untuk menjaga likuiditas perbankan dan risiko kredit macet, lanjutnya, penyaluran kredit pun tentu tetap perlu dilakukan secara hati-hati dengan menyeimbangkan porsi kredit terhadap permintaan dari pelaku usaha, prospek bisnis, dan kemampuan bayar debitur.

Puteri menekankan agar bank-bank yang tergabung dalam Himbara tetap memaksimalkan penyaluran kredit pada pelaku UMKM walaupun memiliki segmen bisnis yang beragam.

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada Himbara yang telah mencapai target penyaluran kredit dalam rangka penempatan uang negara sebelum tenggat waktu yang diberikan pada akhir September ini.


"Tentunya, pemberian kredit di tengah kondisi keringnya likuiditas yang dialami pelaku UMKM sangatlah dibutuhkan untuk mendukung keberlanjutan usaha. Harapannya, ekspansi kredit ini dapat membantu pulihnya sektor UMKM untuk kemudian mengungkit pertumbuhan ekonomi," kata Puteri.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggandeng empat platform digital yaitu Gojek, Grab Indonesia, Tokopedia, dan Shopee Indonesia untuk memperluas penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) bagi UMKM.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan hal ini sekaligus upaya pemerintah meningkatkan peran UMKM sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi.

"Dalam situasi ini kita berharap platform digital dengan merchant-merchant-nya bisa menjadi selain sebagai akselerator juga memfasilitasi UMKM dan merchant bisa naik kelas," kata Airlangga Hartarto di Jakarta, Rabu (23/9).

Airlangga menyebutkan penyaluran KUR kepada UMKM di empat platform digital tersebut akan dilakukan oleh tiga bank Himbara yakni BNI, BRI, dan Bank Mandiri.

Berita Terbaru