Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tuban Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Kredit Melawan Rentenir, OJK Luncurkan UMKM Berkah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 September 2020 - 12:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebagai hasil koordinasi antara Kantor OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan PT BPD Kalimantan Tengah dalam hal ini Bank Kalteng, telah dilakukan peluncuran program Kredit Melawan Rentenir UMKM Berkah.

Tidak hanya itu, kegiatan juga dibarengi dengan Kick Off pembukaan 20.000 rekening dalam rangka implementasi Satu Rekening Satu Pelajar atau KEJAR di Aula Jayang Tingang Kantor Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang dihadiri oleh Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia dan Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah kemarin.

"Program Kredit Melawan Rentenir UMKM Berkah ini dicanangkan dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi pelaku UMKM pada masa pandemi Covid-19 serta mengurangi ketergantungan terhadap jeratan rentenir," kata Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy kepada Borneonews pada Kamis, 24 September 2020.

Hal ini direalisasikan menurut Otto melalui kredit dari Bank Kalteng dengan bunga yang rendah, syarat yang mudah dan proses yang relatif lebih cepat dari kredit konvensional pada umumnya.

"Implementasi dari program ini akan dikoordinasikan langsung oleh Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, yang beranggotakan berbagai Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia Organisasi Perangkat Daerah, Akademisi, Lembaga Jasa Keuangan dan pihak lainnya," tuturnya.

Dalam rangka penerapan prinsip kehati-hatian dan memitigasi risiko, lanjut Otto, maka kredit menggunakan skema tanggung renteng pada kelompok usaha yang telah terdaftar di Dinas terkait. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru