Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Anak Balita di Kota Kupang Menderita Gizi Buruk

  • Oleh ANTARA
  • 24 September 2020 - 22:41 WIB

BORNEONEWS, Kupang - Dinas Kesehatan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur mencatat kasus anak balita gizi buruk terus meningkat hingga mencapai 797 anak pada 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Retnowati mengatakan kasus balita gizi buruk mengalami peningkatan cukup signifikan dalam 3 tahun terakhir.

Ia menyebut pada 2018 ada 218 kasus atau 1,47 persen, pada 2019 ada 353 kasus atau 2,3 persen, dan 796 kasus atau 5,0 persen di 2020.

Menurut mantan Kadis Sosial Kota Kupang, peningkatan kasus baru anak balita gizi buruk diketahui setelah Dinas Kesehatan Kota Kupang gencar melakukan program Penanganan Gizi Buruk Terintegrasi (PGBT) dan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK).

"Dengan adanya dua program ini, kasus balita gizi buruk makin banyak ditemukan. Tidaklah heran jika kasus balita gizi buruk semakin banyak yang terdata oleh petugas kesehatan," ujarnya.

Retno menampik dengan adanya peningkatan angka kasus balita gizi buruk bukan berarti Pemerintah Kota Kupang dalam hal ini Dinas Kesehatan tidak maksimal dalam melakukan upaya pencegahan dan pengendalian.

"Kami lebih bersyukur bahwa melalui dua program itu data-data anak gizi buruk terdata secara akurat, sehingga memudahkan pemerintah dalam menangani penderita," tegasnya.

Retnowati mengatakan dalam mencegah dan penanganan masalah gizi buruk sudah melakukan berbagai intervensi seperti pemberian tablet tambah darah pada remaja putri sebagai calon ibu dan ibu hamil untuk mencegah anemia.

ANTARA

Berita Terbaru