Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua GAPKI: Kondisi Perkebunan Kelapa Sawit Masih Normal di Tengah Pandemi Covid-19

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 September 2020 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia atau GAPKI, Joko Supriyono mengatakan, kondisi sektor perkebunan kelapa sawit masih berjalan cukup normal saat pandemi Covid-19.

"Memang kita bersyukur di tengah pandemi yang sudah berjalan hampir 8 bulan ini, perkebunan sawit operasionalnya masih berjalan normal. Pekerjaan masih berjalan seperti biasa, kinerjanya masih oke, dan tidak ada PHK, itu yang paling penting," kata Supriyono pada Kamis, 24 September 2020.

Hal ini disampaikan Supriyono saat menjadi salah satu pembicara dalam diskusi virtual Indonesia Bicara bertemakan "Kepastian Berinvestasi di Sektor Perkebunan" yang dilaksanakan secara virtual live Streaming pada Kamis, 24 September 2020.

"Kinerja sampai Juli masih bagus walaupun untuk produksi agak berkurang dari tahun lalu, ekspor juga menurun tetapi karena ini pasar global secara keseluruhan sempat melemah karena negara-negara tujuan sempat lockdown, jadi ekspor memang menurun," jelasnya.

Dia menambahkan, sehingga kalau dilihat justru kontribusinya saja meningkat daripada sebelumnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Redaksi Media Group, Usman Kansong selaku moderator mengatakan bahwa kondisi investasi di sektor perkebunan masih menghadapi berbagai kendala yang mengganggu kepastian berinvestasi.

"Kendala itu antara lain yang sekarang sedang ramai di Kalimantan kemudian juga di Sumatera, terutama Sumatera Utara, di Kalimantan itu ialah di Kalimantan Tengah yaitu klaim masyarakat atas tanah-tanah HGU perusahaan perkebunan. Persoalan itu tentu saja harus kita selesaikan supaya ada kepastian dalam berinvestasi di sektor perkebunan," kata Usman. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru