Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Investasi Sektor Kelapa Sawit Paling Menonjol di Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 September 2020 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Perkebunan Kalimantan Tengah, Rawing Rambang mengatakan, investasi di sektor perkebunan sebenarnya ada 11 komoditi, tapi yang sangat menonjol adalah perkebunan kelapa sawit.

"Dalam Permentan Nomor 833 Tahun 2019 itu disebutkan ada 1,778 juta hektare perkebunan kepala sawit di Kalteng, jadi 10,8 persen dari sawit nasional ada di Kalteng," kata Rawing, Kamis, 24 September 2020.

Hal ini disampaikan Rawing saat menjadi salah satu pembicara dalam diskusi virtual Indonesia Bicara bertemakan "Kepastian Berinvestasi di Sektor Perkebunan" yang dilaksanakan secara virtual live Streaming pada Kamis, 24 September 2020.

"Jadi produksi kita kurang lebih 5,5 juta ton per tahun. Sehingga kalau kita lihat, sawit memang dominan di Kalteng ini," tutur Rawing lagi.

Selain itu memang, ada pula komoditi perkebunan lainnya seperti perkebunan karet sebanyak 445 ribu hektare, kelapa dalam, coklat, dan kopi.

"Nah sawit ini sangat luar biasa kontribusinya bagi daerah kalteng. Di Kalteng ini yang dominan daerah barat yaitu Kobar, Kotim, Seruyan, Lamandau. Sedangkan bagian tengah itu didominasi oleh karet walaupun perkebunan sawit juga ada. Lalu di bagian timur itu kita kembangkan coklat, di daerah-daerah Barito. Jadi perkebunan sawit masih dominan," jelas Rawing lagi. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru