Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau Resmikan Rumah Ibadah Hindu Kaharingan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 25 September 2020 - 06:15 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau H Hendra Lesmana meresmikan rumah ibadah Balai Basarah Paseban Raja Hindu Kaharingan di Jalan Mas Pangaruh, Kota Nanga Bulik,  Kamis 24 September 2020.

Hadir dalam peresmian itu Wakil Bupati Lamamdau Riko Porwanto, unsur forkopimda pemkab Lamandau hingga tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Tak hanya meresmikan rumah ibadah, Bupati Hendra Lesmana juga sekaligus menghadiri perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942 Tahun 2020. Turut hadir dalam perayaan itu Pembimas Hindu Kaharingan Provinsi Kalteng, Ketua Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan Provinsi Kalteng dan sejumlah Tokoh Agama.

“Hari ini merupakan moment yang bersejarah dimana umat Hindu Kaharingan di Nanga Bulik dan sekitarnya telah memiliki rumah ibadah yang megah dan representatif sebagai sarana beribadah," ungkap Bupati Hendra. 

Selain difungsikan sebagai tempat beribadah, Hendra berharap rumah ibadah tersebut juga dapat dijadikan wadah untuk semakin memperkuat dan memperkokoh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa bagi seluruh umat Hindu yang ada di Kabupaten Lamandau.

"Pembangunan itu tidak hanya bersifat fisik semata, tetapi pembangunan dalam bidang kerohanian juga perlu mendapat perhatian lebih, termasuk didalamnya adalah pembinaan dan kerukunan umat beragama," ujarnya. 

Sejalan dengan visi Kabupaten Lamandau, kata Hendra, yaitu bergerak cepat membangun Kabupaten Lamandau dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Kabupaten Lamandau JUARA (Jujur, unggul, adil, religius dan aman).

Melalui Peringatan Hari Raya Nyepi, Bupati juga berharap Umat Hindu dapat lebih mendekatkan diri kepada Tuhan sekaligus membangun hubungan yang harmonis baik antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam dan lingkungan serta antara manusia dengan sesamanya.

"Semoga gedung balai basarah ini dapat dipergunakan serta dimanfaatkan sebaik-baiknya”, harapnya. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru