Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Bintang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Menthobi Raya Sosialisasi Perbup Protokol Kesehatan Covid-19 di Desa Lubuk Hiju

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 25 September 2020 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Tak hanya Satpol PP dan petugas gabungan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau melalui jajaranya terus melakukan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) nomor 73 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). 

Seperti halnya yang dilakukan pemerintah kecamatan Menthobi Raya pada Kamis 24 September 2020. Dalam rangka menghadiri penyerahan bantuan beasiswa bagi mahasiswa di Lubuk Hiju, Camat Menthobi Raya, Mul'atmidy juga langsung menyosialisasikan Perbup Prokes tersebut. 

"Sampai saat ini, wabah Covid-19 masih ada. Karenanya, perlu upaya kita bersama dalam pencegahannya," kata dia. 

Camat menyebut, Bupati Lamandau telah mengeluarkan Perbup (Peraturan Bupati) tentang protokol kesehatan, yang salah satunya mewajibkan kita memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. 

"Ini merupakan satu bentuk kepedulian serta perhatiam dari pemerintah terhadap kesehatan masyarakat. Artinya, dengan adanya Perbup ini diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya memakai masker sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19," ujarnya. 

Camat Mul'atmidy juga menyampaikan, selama ini Perbup Prokes masih dalam tahap sosialisasi, namum rencananya Perbup tersebut akan segera diterapkan pada 26 September 2020. Perbup tersebut tidak hanya menyasar masyarakat yang ada di perkotaan tapi hingga ke desa-desa. 

"Tentu ada sanksi bagi yang melanggar. Bisa dikenakan sanksi berupa kerja sosial atau denda sebesar Rp 50 ribu. Namun bukan soal sanksi yang menjadi titik fokus pemerintah daerah, melainkan pentingnya kesadaran kolektif untuk mencegah penyebaran covid-19 tersebut sehingga menjadi gaya hidup," ujarnya. 

Usai sosialisasi Perbup Prokes, Camat didamping Kades dan perangkatnya membagikan masker kepada masyarakat. Diharapkan, setiap warga selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru