Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perbaikan Ekonomi Negara Mitra Dagang Beri Harapan Kinerja Ekspor Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 September 2020 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yudo Herlambang menyatakan bahwa Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah menilai perbaikan ekonomi yang mulai terlihat di beberapa negara dan menurunnya intensitas penyebaran pandemi Covid-19, khususnya di Tiongkok yang merupakan negara mitra dagang utama provinsi Kalteng, dapat memberikan harapan bagi kinerja ekspor provinsi Kalteng ke depan.

"Perbaikan ekonomi dan menurunnya intensitas penyebaran pandemi Covid-19, khususnya di Tiongkok yang merupakan negara mitra dagang utama provinsi Kalteng, dapat memberikan harapan bagi kinerja ekspor provinsi Kalteng ke depan," kata Yudo pada Jumat, 25 September 2020.

Di samping itu, lanjut Yudo, indikator permintaan barang manufaktur, seperti logam, kimia, dan peralatan transportasi dan indikator container dari Drewry World Container Index serta membaiknya Indeks Harga Komoditas, menunjukkan adanya harapan terhadap ekonomi ke depan.

"Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia, Indeks Ekspektasi konsumen kedepan atau IEK menunjukkan angka yang cukup baik yakni 109,38. Hal ini menjadi sinyal optimisme masyarakat terhadap kondisi perekonomian ke depan," katanya optimistis.

Selain itu menurut Yudo pemulihan ekonomi nasional di provinsi Kalimantan Tengah juga dapat dilakukan melalui optimalisasi realisasi APBD, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota pada sisa semester II 2020.

"Akselerasi realisasi belanja daerah akan memberikan stimulus perekonomian yang langsung dirasakan oleh masyarakat terutama yang terdampak melambat akibat pandemi Covid-19," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru