Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bone Bolango Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sukamara Ranch Mulai Drop 500 Ekor Sapi, Bupati Sambut Gembira Kedatangan Investor Peternakan untuk Dukung Food Estate

  • Oleh Norhasanah
  • 25 September 2020 - 09:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemkab Sukamara menyambut positif adanya investor peternakan sapi, yakni Sukamara Ranch, yang sudah mulai mengembangkan budidaya peternakan sapi di Kecamatan Pantai Lunci. Hal ini sejalan dengan program Food Estate, di mana kabupaten tersebut diarahkan untuk pengembangan peternakan sapi.

"Alhamdulillah peternakan sapi ini sudah dimulai, saat ini ada kurang lebih 500 ekor sapi," kata Bupati Sukamara, Windu Subagio, Jumat, 25 September 2020.

Menurut Windu, dengan masuknya investor peternakan sapi tersebut akan memberikan dampaknya untuk peningkatan perekonomian masyarakat, salah satunya seperti tersedianya lapangan pekerjaan. 

"Belum lagi nantinya untuk potensi penyediaan pakan ternak," ujarnya.

Dengan kebutuhan pakan ternak yang cukup besar, seperti singkong yang setiap bulannya membutuhkan ratusan ton, sehingga ini menjadi peluang bagi masyarakat kedepannya sebagai penyedia pakan. 

"Jadi masyarakat bisa mempunyai kesempatan untuk menjadi petani singkong dan hasilnya bisa dijual kepada peternakan," ujarnya.

Windu berharap, program yang dijalankan oleh investor juga sejalan dengan program yang ada di pemereintah daerah, yakni untuk menyejahterakan masyarakat dengan melibatkan dalam program pinjaman sapi pejantan.

"Jadi ada program dari mereka untuk meminjamkan sapi pejantan kepada masyarakat peternak sapi yang tujuannya untuk memperbaiki keturunan sapi, yang tentunya dari pejantan unggul," tukas Windu Subagio.

Sebelumnya, Windu mengatakan, Sukamara masuk dalam program food estate. Untuk ini kabupaten tersebut diarahkan sebagai sentra peternakan sapi. Agar program bisa berjalan, pemerintah daerah siap mendorong investor agar bisa terlaksana.

"Untuk pelaksanaan food estate ini kita lebih mengutamakan pengembangan peternakan sapi sesuai peta yang ada diprovinsi," kata Bupati Sukamara, Windu Subagio, Kamis, 18 Juni 2020.

Berita Terbaru