Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ekonom: Pemerintah Harus Sederhanakan Perizinan untuk Mampu Menarik Investasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 September 2020 - 12:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ekonom atau Pengamat Ekonomi, Fadhil Hasan mengatakan bahwa sudah saatnya pemerintah menyederhanakan perizinan demi menarik peluang investasi di industri sawit.

"Sistem perizinan kita untuk peluang investasi ini harus lebih disederhanakan, selain memang yang pasti juga harus ada kesamaan persepsi dan interpretasi antara aturan di pusat dan di daerah," tutur adhil Hasan ini pada Kamis, 24 September 2020.

Hal ini disampaikan Fadhil saat menjadi salah satu pembicara dalam diskusi virtual Indonesia Bicara bertemakan "Kepastian Berinvestasi di Sektor Perkebunan" yang dilaksanakan secara virtual live Streaming pada Kamis, 24 September 2020.

Menghadirkan narasumber-narasumber berkompeten, Fadhil berbicara bersama Direktur Wilayah III Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM, Aries Indanarto, Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia atau GAPKI, Joko Supriyono, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah, Rawing Rambang, serta Kepala Kanwil BPN Kalteng 2018-2020/Kepala Kanwil BPN Sumsel 2020, Drs Pelopor.

"Karena terkadang persepsi antara pusat dan daerah masih sering berbeda dalam interpretasinya, itu dulu yang harus kita selesaikan di dalam negara ini kalau mau menarik lebih banyak investor," tuturnya lagi.

Fadhil menambahkan, pada 2020 industri minyak kelapa sawit memang mengalami perlambatan. Selain karena pandemi Covid-19 yang merebak di seluruh dunia, penyebab lainnya ialah fenomena El Nino yang menurunkan kualitas panen buah sawit. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru