Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bima Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Semangat Warga Desa Sibung dan Dusun Layung Habang Bantu Kegiatan TMMD

  • Oleh Uriutu
  • 25 September 2020 - 14:45 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pagi itu tampak mendung menyelimuti Desa Sibung, Kecamatan Raren Batuah, Kabupaten Barito Timur. Namun tak menyurutkan semangat warga desa membantu TNI membangun jalan sepanjang 3 kilometer.

Bersama beberapa Desa Sibung dan Dusun Layung Habang, anggota TNI turut membantu membangun jalan salah satu sasaran fisik TMMD ke-109 Kodim 1012 Buntok.

Terlihat mereka bersemangat, meski peluh mulai membasahi tubuh mereka. Itu karena jalan tersebut nanti sebagai akses mereka baik menuju Desa Sibung dan Dusun Layung Habang serta menuju Kecamatan dan Kabupaten.

"Kami warga Desa Sibung dan Dusun Layung Habang menyambut gembira atas pembukaan jalan sepanjang 3 kilometer ini melalui kegiatan TMMD ke-109 Kodim 1012 Buntok. Saya sendiri saat tidak sedang beraktifitas di kebun ikut untuk membantu TNI,” kata Salah satu warga, Muliyadi kepada Borneonews, Kamis, 25 September 2020.

Dandim 1012 Buntok, Letkol Inf Dwi Tantomo mengatakan, semangat gotong royong harus selalu ditanamkan, mengingat TNI lahir dari rakyat dan ada untuk rakyat.

”Disini kita semua adalah saudara dan bersama-sama bekerja untuk membangun desa demi kesejahteraan masyarakat desa Sibung dan Dusun Layung Habang,” ucap dia.

Untuk sasaran fisik pelaksanaan kegiatan TMMD 109 tahun 2020 ini membangun badan jalan dari Desa Sibung, Kecamatan Raren Batuah menuju ke Dusun Layung Habang.

“Jalan yang akan dibangun itu panjangnya kurang lebih 3 kilometer dengan lebar jalan sepanjang 8 meter,” beber dia.

Adapun sasaran pokok dari kegiatan TMMD 109 tersebut yakni berupa pemasangan tiga gorong-gorong pipa beton dengan diameter 100 centimeter, dengan panjang 8 meter.

Serta, lanjut dia, akan dilakukan galian biasa sepanjang 3 ribu meter dengan lebar 0,60 meter, yang dilanjutkan kegiatan  penimbunan sepanjang 1.066,97 meter dengan lebar 6 meter.

“Penimbunan pasir batu (Sirtu) yang dilakukan panjangnya mencapai  kurang lebih 900 meter dengan lebar 4 meter, termasuk pula melakukan penyiapan badan jalan sepanjang 3.000 meter dengan lebar 8 meter,” jelas Dia.

Berita Terbaru