Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Timur Minta Rincian Penggunaan DID Rp 15,6 Miliar pada 6 SKPD

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 September 2020 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang  - Fraksi pendukung dewan DPRD Barito Timur melalui juru bicara Roma Analta meminta agar eksekutif menyampaikan rincian kegiatan pada ada 6 SKPD yang mendapatkan tambahan anggaran bersumber dari dana insentif daerah atau DID.

"Secara umum raperda APBD perubahan kami terima dengan baik namun kami minta agar segera disampaikan rincian kegiatan pada 6 SKPD yang mendapatkan tambahan anggaran dengan nilai total lebih dari Rp 15,6 miliar," kata roma Analta saat rapat paripurna tanggapan fraksi pendukung dewan terkait raperda yang diajukan pemerintah daerah, Jumat, 25 September 2020.

Adapun 6 SKPD yang mendapatkan tambahan anggaran pada APBD perubahan yaitu dinas perikanan sebesar Rp 1,5 miliar, dinas pertanian Rp 2,5 miliar, dinas ketahanan pangan Rp 700 juta, dinas kesehatan Rp 3,4 miliar, RSUD 4,9 miliar, dinas sosial 2,7 miliar.

Ketua DPRD Barito Timur Nur Sulistio menjelaskan, karena DID sebesar Rp 15,6 miliar merupakan dana susulan yang diberikan oleh pemerintah pusat, maka DPRD meminta rincian penggunaannya.

"Supaya kami memegang dokumen kegiatanya, membantu percepatan penggunaan anggaran tersebut sekaligus melakukan pengawasan di lapangan," ungkap Nur Sulistio.

Dia meminta SKPD yang mendapatkan tambahan anggaran itu agar mempergunakan dengan tepat untuk penanganan covid-19 maupun dampak sosial ekonomi dari pandemi tersebut.

Menurut politisi dari Partai Golkar ini, APBD perubahan merupakan koreksi dan evaluasi dari APBD murni yang tidak tercapai akibat pandemi covid-19.

"Karena itu kami berharap APBD perubahan nanti menjadi jawaban dari APBD murni yang tidak tercapai," lanjutnya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru