Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asahan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

13 Desa di Kecamatan Dusun Timur Telah Laksanakan Musrenbangdes

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 September 2020 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Camat Dusun Timur Kabupaten Barito Timur, Ristanto Pratomo mengungkapkan, 13 desa di kecamatan yang dipimpinnya telah melaksanakan musyawarah rencana pembangunan desa atau Musrenbangdes.

"Hari ini Desa Mangkarap dan Desa Dorong melaksanakan musrenbangdes. Jadi totalnya ada 13 desa yang telah melaksanakan," kata Ristanto di kantornya, Jumat, 25 September 2020.

Sedangkan desa melaksanakan musrenbangdes pada hari-hari sebelumnya yakni, Desa Magantis, Matabu, Dorong, Haringen, Didi, Jaar, Jaweten, Karang Langit, Pulau Patai, Serapat dan Desa Maragut.

"Terakhir Senin mendatang tiga desa yakni, Harara, Gumpa dan Matarah," lanjutnya.

Menurut Ristanto, dari musrenbangdes tersebut, jika usulan pembangunan skala besar dan membutuhkan anggaran yang besar pula, maka akan diteruskan kepada pemerintah kabupaten. Sedangkan pembangunan yang nilainya kecil atau di bawah Rp 500 juta akan dilaksanakan pemerintah desa.

"Kami juga meminta pemerintah desa agar selalu memberdayakan masyarakat setempat dalam kegiatan pembangunan di desa, salah satunya melalui kegiatan padat karya tunai desa atau PKTD," tegasnya.

Ristanto juga mengungkapkan bahwa intruksi terbaru Kemendes PDTT, menargetkan upah pekerja sebesar 50 persen pada kegiatan PKTD serta menyasar keluarga kurang mampu.

"Perubahan APBDes tahun 2020 ini sesuai intruksi terbaru Kemendes, pemerintah desa harus menyisihkan 50 persen untuk upah dari pagu kegiatan padat karya tunai desa," jelasnya.

Sedangkan pada APBDes tahun 2021 akan diprioritaskan program tahun 2020 yang belum terlaksana akibat pandemi covid-19. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru